HOME  |  SEJARAH  |  BERITA  |  ARTIKEL  |  SUSUNAN PENGURUS  |  ALAMAT  |  CONTACT US  |  FOTO GALERI  |
  BERITA SINGKAT

MUSYAWARAH NASIONAL IV WANITA BUDDHIS INDONESIA

MUSYAWARAH NASIONAL IV WANITA BUDDHIS INDONESIA

Musyawarah Nasional IV Wanita Buddhis Indonesia (WBI) diadakan di Gedung Prasadha
Baca selengkapnya


PELANTIKAN PENGURUS PUSAT WANITA BUDDHIS INDONESIA PERIODE 2013 - 2018

PELANTIKAN PENGURUS PUSAT WANITA BUDDHIS INDONESIA PERIODE 2013 - 2018

 

Bertepatan dengan Hari Wanita Sedunia, dilaksanakan Pelantikan Pengurus Pusat Wanita Buddhis Indonesia tepatn
Baca selengkapnya


PELANTIKAN WBI WIHARA HOK AN KIONG , BENGKALIS, PROVINSI RIAU

PELANTIKAN WBI WIHARA HOK AN KIONG , BENGKALIS, PROVINSI RIAU

Pada tanggal 29 Maret 2014, telah dilakukan pelantikan Pengurus Wanita Buddhis Indonesia Wihara Hok Ann Kiong, Bengkalis - Riau di Hotel Pant
Baca selengkapnya


MUSYAWARAH NASIONAL IV WANITA BUDDHIS INDONESIA
Prasadha Jinarakkhita - Jakarta, 16 -19 Desember 2013

Musyawarah Nasional IV Wanita Buddhis Indonesia (WBI) diadakan di Gedung Prasadha Jinarakkhita pada tanggal 16-19 Desember 2013 yang di hadiri dan dibuka oleh Direktur Jenderal Bimas Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia yakni Bapak Drs. A. Joko Wuryanto, S.Sos, S.Ag, M.Si, M.Pd dengan pemukulan gong tanda dimulainya Musyawarah Nasional IV Wanita Buddhis Indonesia.

Pada kesempatan ini hadir dari Sangha Agung Indonesia yakni Ketua Umum : Mahathera Nyanasuryanadi, Nayika Sangha Biksuni : Mahatheri Nyanapundarika, serta para biksuni Sangha Agung Indonesia, Ketua Yayasan Ashin Jinarakkhita : Bapak Sendjaja Widjaja, serta dari Majelis Buddhayana Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Umum III Bapak Sugianto F Sulaiman serta  Pimpinan Badan otonom Majelis Buddhayana Indonesia yakni Wulan Bahagia, Sarjana dan Profesional Buddhis Indonesia (Siddhi), Sekber PMVBI (Pemuda Buddhayana), Ikatan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Imabi).

Tema Musyawarah Nasional IV Wanita Buddhis Indonesia yakni mengangkat "Perempuan dan Hukum menuju kesetaraan dan keadilan".

Tema Musyawarah Nasional IV selain memilih Ketua Umum Wanita Buddhis Indonesia periode 2013-2018 juga dibahsas laporan kerja dari daerah. Dalam Musyawarah Nasional IV ini terpilih Ibu Ir. Berinah sebagai Ketua Umum periode 2013-2018. Selamat kami ucapkan dan selamat mengemban tugas mulia.


PEREMPUAN DAN DEMOKRASI DALAM PERSPEKTIF AGAMA BUDDHA
Krishnanda Wijaya-Mukti

Pendahuluan
Sistem kasta dan patriarkat memperlakukan perempuan seperti kaum sudra dan budak. Hukum Manu mencabut hak perempuan dalam agama dan kehidupan spiritual. Dengan latar belakang ini Raja Pasenadi merasa kecewa ketika istrinya melahirkan anak perempuan. Namun Buddha berkata kepadanya, bahwa seorang anak perempuan dapat menjadi keturunan yang bahkan lebih baik daripada laki-laki (S. I, 85). Apa pun jenis kelaminnya, manusia dilahirkan ...

baca selengkapnya


NASKAH PKDRT
METTA SURI CITRADI

Kemanapun seseorang pergi ia pasti rindu untuk kembali ke keluarga masing masing, terutama jika merasa tidak aman atau kurang sehat. Karena keluarga merupakan tempat berlindung yang dapat  memberikan rasa aman,  dimana setiap anggota keluarga bisa saling mengasihi, belajar bertanggung jawab dan tempat belajar memelihara prinsip moral.


Awal terbentuknya keluarga adalah pertemuan dua orang yang mempunyai sifat, pen...

baca selengkapnya